.
Powered by Blogger.

Laman

Meningkatkan Kecerdasan Anak Balita ..

Posted on
  • Wednesday, April 6, 2011
  • by
  • Bunda Safa
  • in

  • "TIGA TAHUN PERTAMA dalam kehidupan anak merupakanmasa yang paling sensitif, yang akan SANGAT MENENTUKANperkembangan otak dan kehidupannya di masa mendatang."
    Mengapa begitu ? Bagian TERPENTING tubuh kita, yaitu OTAK, tumbuh dengan
    sangat pesat pada awal kehidupan, dan akan mencapai 70-80%pada 3 TAHUN PERTAMA !

    Bayangkan ! Otak yang begitu penting ini ternyata sebagian besar ditentukan pada awal kehidupan kita. Saya sempat SHOCK membaca hasil penelitian ini ! Artinya, jika anda menginginkan anak anda tumbuh dengan kondisi yang TERBAIK, maka anda harus menginvestasikan waktu dan apapun pada 3 tahun pertama ini, lebih dari waktu yang lain.
    Jika anda mengabaikan begitu saja rentang waktu 3 tahun pertama ini, maka anak anda tidak akan berkembang dengan maksimal, dan anak anda akan menjadi anak yang biasa-biasa saja.
    Apakah itu yang anda inginkan ? Tentu saja tidak !

    Jika kita sebagai orangtua bisa melakukan yang terbaik bagi anak, maka itulah KEWAJIBAN kita untuk memberikan HAK anak kita. Di buku berbahasa Jepang yang berjudul "Anak Cerdas dengan IQ 200 Ditentukan oleh IBUNYA", dicantumkan hasil interview
    terhadap banyak sekali ibu yang berhasil mendidik anaknya menjadi sangat cerdas sekali.
    Intinya, peran ibu yang BENAR pada 3 TAHUN PERTAMA akan sangat menentukan kecerdasan anaknya.

    Maksud kata yang "BENAR" disini, tidak ada hubungannya apakah sang ibu tersebut bekerja ataukah sebagai ibu rumah tangga secara full-time. Disini saya akan sampaikan TIPS yang sangat AMPUH yang HARUS dilakukan oleh ibu, terutama ibu yang bekerja karena
    waktu bersama dengan anak sangat terbatas.

    Tetapi sebenarnya juga perlu diperhatikan oleh ibu rumah tangga yang full-time, karena biasanya, karena merasa punya waktu banyak dengan anak, tetapi justru tidak segera dilakukan dengan konsisten. Apa saja tips tersebut ?

    PERTAMA,
    Berikan waktu 1 JAM KHUSUS setiap harinya, tanpa boleh diganggu gugat oleh kegiatan lain, untuk anak anda untuk berinteraksi dengan kegiatan yang efektif bagi perkembangan
    kecerdasannya. Untuk memberikan gambaran yang nyata, saya terjemahkan saja garis besar salah satu hasil wawancara di buku yang saya sebutkan diatas tadi.

    Seorang ibu yang sekaligus wanita karir yang bernama Sakane berhasil mendidik anaknya, Akio (3 th 5 bln) mencapai IQ 198. (catatan : IQ rata-rata anak pada umumnya adalah 90 s.d. 109). Sebagai seorang wanita karir, Ms. Sakane terpaksa harus menitipkan Akio di TPA (Tempat Penitipan Anak) sejak usia 3 bulan, dari pagi dan dijemput jam 5:30 sore. Tiba di rumah biasanya sekitar jam 6 lebih. Setelah itu, sebelum menyiapkan makan malam pada jam 7:30, Ms. Sakane memberikan WAKTU KHUSUS selama 1 JAM kepada
    Akio untuk melakukan program pendidikan anak. Ms. Sakane bercerita :
    -----------
    "Karena saya bekerja, waktu 30 MENIT sebelum membawa Akio ke TPA dan 1 JAM setelah pulang ke rumah merupakan waktu yang SANGAT BERHARGA. Waktu 1 jam ini, jika saya melakukan hal-hal lain yang bermacam-macam akan menjadi waktu yang hilang begitu
    saja. Tetapi waktu 1 jam ini saya tentukan khusus untuk Akio, tanpa melakukan hal lain apapun juga.

    Saya gunting gambar-gambar binatang dan gambar yang menarik lainnya dari buku/majalah, kemudian saya buat kartu bergambar dan saya tunjukkan kepada Akio satu-per-satu.
    Pada awalnya saya berpikir, apakah ada artinya saya mengajarkan hal-hal kecil ini. Tapi, karena saya pernah mendengar bahwa hal ini sangat baik untuk "olah raga" otak, maka saya teruskan juga.

    Anak saya sepertinya sangat senang sekali melihat gambar yang berubah dengan cepat dan terus-menerus, dia melihatnya dengan sungguh-sungguh. Pada awalnya saya khawatir apakah hal ini ada hasilnya, tetapi begitu Akio mulai bisa bicara, saya menjadi yakin dan berpikir, " Oo.. ternyata dia mengerti !".

    Setelah itu saya perkenalkan dengan "DOTS CARD" (kartu untuk
    belajar berhitung), dan menjadi mahir berhitung tambah-kurang-kali-bagi.
    Sekarang Akio sudah mulai bisa perhitungan "akar" dan persamaan
    tingkat tinggi. Sayapun menjadi bangga kepada diri saya sendiri.
    Sekarang, jika saya pulang, dia langsung membawa dots card dan
    berkata, "Mainan ini yoook...."
    Tips yang KEDUA,
    Untuk para orangtua yang bekerja, anda perlu MEMONITOR dan memberikan PENGARAHAN yang benar kepada babysitter atau siapa saja yang mengasuh anak anda tentang kegiatan yang perlu
    dilakukan oleh anak anda selama anda tidak di rumah. Buatlah DAFTAR KEGIATAN anak anda dengan jelas, sehingga babysitter anda tahu apa yang harus dilakukan setiap harinya dalam hal kegiatan yang mampu memberikan stimulasi pada perkembangan kecerdasan anak, baik kecerdasan intelektual, emosi maupun perkembangan fisik dan sosialnya.

    Jangan sampai babysitter anda hanya bertugas menjaga SAJA, tanpa memberikan stimulasi-stimulasi yang sangat diperlukan oleh anak anda. Akan sangat kasihan sekali anak anda nantinya, jika
    lingkungannya di masa yang sangat haus akan stimulasi ini ternyata tidak memberikan HAK-nya yang akan menjadi HARTA yang PALING BERHARGA di masa depan.

    oleh : Taufan Surana

    0 comments:

    Post a Comment