.
Powered by Blogger.

Laman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Balita

Posted on
  • Monday, February 25, 2013
  • by
  • Bunda Safa
  • in
  • Pada umumnya, balita memiliki kebiasaan susah makan. Sehingga hal ini kerap membuat para ibu jengkel hingga marah.


    Namun, sesungguhnya sebagai ibu, Anda tidak perlu marah dalam menghadapi keadaan ini. Jika Anda marah saat anak tidak mau makan, maka hal tersebut hanya membuat anak semakin keras kepala.

    Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa langkah meningkatkan nafsu makan anak :

    1. Balita belum memiliki nafsu makan yang kuat. Oleh karena itu, mereka enggan makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Agar balita tetap memperoleh asupan gizi yang cukup, Anda perlu mengatur jadwal makannya.

    2. Anda perlu mengontrol asupan cairan pada balita. Jika Anda memberikan susu kepada balita secara berlebihan, maka tidak ada ruang bagi makanan di dalam perutnya. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi asupan cairan pada balita.

    3. Jangan terus-menerus memberi jenis makanan yang sama pada balita. Mengubah menu makan setiap hari dapat meningkatkan nafsu makan balita.

    4. Agar aktivitas makan jadi kebiasaan bagi balita, Anda perlu memberinya makan dengan porsi kecil namun mengandung gizi tinggi.

    5. Salah satu faktor penyebab nafsu makan balita berkurang adalah mainan. Mungkin, si kecil sedang sibuk dengan mainan baru sehingga dia tidak mau makan. Oleh karena itu, Anda perlu mengalihkan perhatian si kecil atau mencuri waktu untuk sekadar menyuapinya sedikit demi sedikit.

    6. Anda perlu menyajikan makanan secara unik dan menghiasnya agar balita tertarik untuk makan.

    0 comments:

    Post a Comment