.
Powered by Blogger.

Laman

Perkembangan Otak Bayi

Posted on
  • Wednesday, February 20, 2013
  • by
  • Bunda Safa
  • in
  • Perkembangan otak bayi sangat berpengaruh pada asupan gizi yang dikonsumsi oleh ibu sejak bayi masih dalam kandungan. Setelah bayi lahir pun, ia akan terus membutuhkan asupan yang bergizi dan seimbang demi kelangsungan hidupnya dan tumbuh kembangnya hingga ia besar.

          Bayi yang baru lahir pertama kali akan diberikan ASI hingga usianya sudah cukup untuk melepas ASI. Pemberian ASI secara eksklusif selama enam bulan pertama sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi secara optimal di masa berikutnya. Bagi ibu yang masih bisa memberikan ASI pada bayinya akan sangat baik bila secara intensif diberikan saat bayi lapar dan membutuhkan ASI. Ini tentu juga dapat menunjang bagi kesehatan bayi serta ibu.

          ASI dipercaya dapat membantu perkembangan otak bayi lebih cepat dan baik untuk tumbuh kembangnya. Pada ASI terdapat kandungan yang sangat lengkap baik gizi maupun nutrisinya. Inilah yang membuat bayi dapat bertahan hidup walaupun tanpa mengasup makanan pendamping lainnya. ASI yang kaya akan nutrisi sangat penting untuk menunjang imun tubuh bayi selama tumbuh kembangnya.

          Selain itu, ASI juga memberikan perlindungan terhadap infeksi dan alergi, serta merangsang pertumbuhan sistem kekebalan tubuhnya, mengandung komponen anti inflamasi dan antioksidan. Oleh karena itu, dengan ibu memberikan ASI pada si kecil akan menjadikan kekebalan dan kesehatan bagi buah hati Anda.

          Perkembangan otak bayi tak luput dari apa yang diasupnya setiap hari, begitu juga dengan perkembangan otaknya. Jika sejak kecil ia tidak diberi rangsangan yang dapat memicu otaknya, maka otak bayi pun tidak akan memiliki potensi serta berfungsi dengan baik jika tidak dikembangkan.

          Setiap bayi dilahirkan dengan 10 miliar neuron (sel syaraf) di otaknya. Tiga tahun pertama sejak lahir merupakan periode dimana miliaran sel glial terus bertambah untuk memupuk neuron. Sel-sel syaraf tersebut dapat membentuk ribuan sambungan antarneuron yang disebut dendrite yang mirip dengan sarang laba-laba, dan axon yang berbentuk memanjang.

          Perkembangan otak bayi yang sedang tumbuh akan melalui tiga tahapan yaitu, otak primitif (action brain), otak limbik (feeling brain), dan neocortex (thought brain) atau otak pikir. Meski saling berkaitan, ketiganya memiliki fungsinya masing-masing.

          Sementara itu, untuk merangsang pancaindera bayi dibutuhkan juga rangsangan namun jangan terlalu berlebihan. Ini dapat menyebabkan anak menyerap apa saja yang dilihat, didengar, dicium, dirasakan, dan disentuh di sekitar lingkungan ia berada. Dan kemampuan otak anak untuk menyaring pengalaman rasa yang tidak menyenangkan dan berbahaya belum berkembang.

          Jika kurangnya stimulasi atau berlebihannya stimulasi, ditambah dengan gerakan motorik kasar dan halus yang tidak berkembang secara baik, maka bisa menyebabkan rusaknya perhatian terhadap lingkungan. Maka dari itu, sejak dini pula Anda perlu memberikan stimulasi yang tepat agar dapat membentuk perkembangan otak bayi secara baik sehingga anak memiliki potensi yang bermanfaat kelak ia besar.

    0 comments:

    Post a Comment