.
Powered by Blogger.

Laman

Fakta Seputar Gizi Balita di 5 Tahun Pertama

Posted on
  • Saturday, March 16, 2013
  • by
  • Bunda Safa
  • in
  • Gizi balita anda sangatlah penting untuk diperhatikan karena bukan hanya akan mempengaruhi perkembangan fisiknya, namun juga psikis atau intelejensinya. Menurut para ahli, agar proses tumbuh kembang anak berjalan baik, seorang anak harus mendapatkan pemenuhan gizi dari 3 kebutuhan pokoknya. Perlu diketahui bahwa 3 kebutuhan pokok balita saling terkait satu sama lain. Oleh karena itu, setiap item harus terpenuhi agar pertumbuhan fisik serta perkembangan otaknya maksimal. Karena apabila tidak terpenuhi, maka anak akan memiliki kekebalan tubuh yang kurang baik dan perkembangan otaknya kurang maksimal. Namun, pemenuhan akan ketiga kebutuhan pokok juga haruslah berimbang agar tidak terjadi ketimpangan.

    3 Gizi Balita Pokok Yang Harus Diberikan

    Yang pertama dari rangkaian kebutuhan pokok balita adalah kebutuhan fisik dan biologis yang berupa kebutuhan akan nutrisi seperti ASI, imunisasi serta kebersihan dan kesehatan lingkungan tempat tinggal. Yang menjadi gizi balita pokok kedua adalah pemenuhan akan kebutuhan emosi seperti kasih sayang, rasa aman, dihargai, diperhatikan dan didengar apa yang menjadi keinginan dan pendapatnya. Kebutuhan ini memegang peran yang sangat penting untuk kemandirian dan kecerdasan anak secara emosi. Sedangkan kebutuhan pokok balita yang ketiga adalah kebutuhan akan stimulasi yang dapat merangsang semua indra, melatih keterampilan komunikasi, berpikir, berkreasi, mengasah motorik halus dan kasar dan kemadirian. Stimulasi ini haruslah diberikan sejak dini karena besar pengaruhnya terhadap kecerdasan si anak.

    Gizi Balita Pada 5 Tahun Pertama Menjadi Pondasi

    Asupan atau pemenuhan gizi anak sebaiknya sangat diperhatikan oleh orangtua, terutama pada 5 tahun pertama usianya. Hal ini disebabkan karena asupan gizi pada usia itu sangatlah menentukan dan penting bagi perkembangan si anak baik fisik maupun psikis pada usia selanjutnya. Pada tiga tahun pertama usia anak, pemenuhan gizi yang baik sangatlah berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan sel – sel otak, serabut – serabut syaraf serta cabangnya yang di kemudian hari akan membentuk jaringan otak dan syaraf yang sangat kompleks. Pemenuhan gizi yang cukup akan berpengaruh terhadap fungsi kerja otak misalnya pada saat mengenal huruf, belajar berjalan, sampai bersosialisasi.
    Dengan Fakta – fakta di atas, maka hendaklah orangtua mulai menyadari bahwa 5 tahun pertama usia anak sangatlah penting untuk menentukan apa yang akan terjadi di kemudian hari. Menjamin bahwa balita mendapatkan gizi yang seimbang memang tidaklah mudah, terlebih saat mereka sedang rewel. Namun sebagai orangtua, hendaklah kita sadar bahwa apa yang kita berikan saat ini akan berakibat di masa mendatang. Memiliki anak yang cerdas dan sehat adalah dambaan setiap orangtua, maka dari itu menjaga asupan gizi balita agar seimbang menjadi tugas pertama yang harus dilakukan.
     
    sumber : http://mhharismansur.blogspot.com/2013/01/fakta-seputar-gizi-balita-di-5-tahun.html

    0 comments:

    Post a Comment