.
Powered by Blogger.

Laman

Pendidikan Anak Usia Dini, Apakah Penting ?

Posted on
  • Wednesday, February 20, 2013
  • by
  • Bunda Safa
  • in
  • Pendidikan anak usia dini, apakah penting? Pertanyaan tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi karena memang pendidikan perlu diberikan pada anak sejak usia dini. Mengapa harus usia dini? Hal tersebut perlu Anda lakukan karena pendidikan yang baik sangatlah penting demi menunjang masa depannya.
          Pendidikan anak usia dini yang Anda berikan baginya merupakan suatu persiapan kematangan anak dalam menghadapi masa demi masa untuk perkembangannya di masa yang akan datang. Saat ini telah banyak berbagai sekolah taman kanak-kanak memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas demi mengembangkan kemampuan dan bakat dalam diri anak tersebut.
          Perlu Anda ketahui bahwa anak memiliki kemampuan yang perlu diasah sejak dini, karena dengan mereka memiliki berbagai kemampuan tersebut tentunya sudah dapat dibentuk sedari dini. Selain itu, lembaga pendidikan seperti TK pun kini telah mulai mengajarkan kepada anak bagaimana ia harus bisa bersosialisasi dan problem solving dengan lingkungan sekitarnya.

          Pada lembaga pendidikan anak usia dini, kini sudah mengajarkan anak tentang dasar-dasar dalam cara belajar. Di usianya yang masih sangat dini tersebut, anak akan diperkenalkan terlebih dahulu pada sebuah fondasi. Mereka akan mengetahui semuanya sedikit demi sedikit melalui apa yang mereka lihat dan pelajari. Dengan mereka bermain akan diajarkan bagaimana cara yang tepat dalam bersosialisasi, mengatasi problem solving, negosiasi, mengatur waktu, resolusi konflik, kewajiban sosial, berada dalam suatu grup besar atau kecil, dan yang terpenting bisa menguasai 1-3 bahasa.

          Anak-anak memiliki dunianya sendiri dalam bermain. Dengan bermain, mereka akan belajar dengan sendirinya tanpa mereka sadari apa yang sudah mereka lihat dan lakukan saat kita mengajarkannya. Karena dengan bermain, otak anak berada dalam kondisi yang tenang dan tidak dalam keadaan terpaksa. Dan pada saat itulah, apa yang mereka lihat dan dengar bisa terekam dan tertanam dalam otaknya.

          Anda ataupun tenaga pengajar yang mengajari anak saat bermain, harus bisa mengarahkan mereka dengan baik dalam belajar sekalipun dalam keadaan bermain. Dalam hal ini tenaga pengajar pun harus memiliki kemampuan yang tepat dan berkualitas baik dalam mengajar anak-anak didiknya. Sementara pada situasi kelas pun harus bisa terisi dengan rasa senang, antusiasme, dan memiliki rasa penasaran. Dengan begitu akan tercipta kemampuan anak yang lebih semangat dalam belajar.

          Dalam bermain sambil belajar ini, Anda atau tenaga pengajar bisa melakukannya dengan mencontohkan sebuah peran. Misalkan, sebagai seorang dokter. Dengan anak berperan sebagai seorang dokter, apa saja yang perlu dilakukannya saat harus menghadapi pasiennya dan ia akan berimajinasi sebagaimana peran seorang dokter terhadap pasiennya.

          Oleh karena itu, pentingnya pendidikan anak usia dini diajarkan agar anak lebih cepat mengerti dan tanggap akan apa yang mereka lihat. Dengan begitu, pendidikan dasar yang seharusnya ia dapatkan pada awal sekolahnya saat menjelang masuk taman kanak-kanak sudah dapat dimengerti dengan baik karena pendidikan yang sering ia terima dari Anda saat diajarkan di rumah.



    sumber: melindahospital.com

    0 comments:

    Post a Comment