.
Powered by Blogger.

Laman

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Balita dengan Cemilan Sehat

Posted on
  • Tuesday, September 24, 2013
  • by
  • Bunda Safa
  • in
  • Bunda mungkin mengira si kecil tidak boleh dibiasakan mengemil agar nafsu makannya tidak berkurang. Padahal sebenarnya ngemil adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi balita Bunda yang dibutuhkan untuk perkembangan anak, sekaligus menjaga tingkat energi balita. Cemilan sehat juga bisa membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah balita, sehingga mencegah balita menjadi rewel, karena hormon stres balita meningkat ketika kadar gula darahnya menurun. Jadi, bisa dibilang mengemil adalah kebiasaan yang baik, asalkan cemilan yang dikonsumsi si kecil adalah cemilan sehat.

    Nutrisi yang tidak terdapat dalam makanan utama si kecil bisa dilengkapi pada saat mengemil. Misalnya, kalau si kecil menikmati roti gandum isi daging ayam saat makan siang yang kaya protein dan serat, Bunda bisa memberikan yoghurt yang dicampur dengan buah-buahan yang kaya kalsium, vitamin, serta mineral. Nutrisi yang lengkap jelas bermanfaat bagi perkembangan anak. Beberapa inspirasi cemilan sehat untuk balita Bunda di antaranya adalah:

    1 .       Keju
    Sajikan keju yang telah dipotong dalam berbagai bentuk unik bersama buah-buahan untuk asupan protein dan kalsium yang baik.
    2.        Yoghurt
    Yoghurt rendah lemak yang disajikan bersama buah-buahan segar adalah pilihan lezat dan bergizi.
    3.        Roti Gandum
    Roti gandum yang dipanggang dan disajikan bersama keju leleh membantu memenuhi kebutuhan serat si kecil.
    4.        Kentang
    Kentang panggang atau kukus bisa disajikan bersama keju.
    5.        Sereal
    Sereal tidak hanya praktis untuk sarapan, tapi juga untuk cemilan sehat. Pilihlah sereal whole grain yang tidak ditambah dengan gula.
    6.        Smoothies
    Campuran yoghurt serta buah-buahan ini adalah salah satu cara lezat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat untuk si kecil.
    7.        Snack mix
    Campur beberapa cemilan sehat seperti popcorn (tanpa mentega atau gula), kismis, serta kacang-kacangan seperti almond dan mede untuk asupan vitamin & mineral, serat, dll.
    Tapi jangan lupa untuk memperhatikan porsi makanan dan cemilan yang dikonsumsi si kecil untuk mencegah masalah obesitas pada balita. Nutrisi seimbang dalam porsi yang tepat akan mendukung perkembangan anak yang optimal.

    sumber : zwitsal.co.id

    0 comments:

    Post a Comment